Memaksimalkan Produksi Ayam Layer dan Telur Bernutrisi Tinggi



Ternak ayam layer dilakukan untuk diambil telurnya. Telur itulah yang digunakan dalam memenuhi nutrisi makan manusia. Manusia dengan nutrisi baik akan kebal terhadap penyakit. Maka dari itu, untuk meningkatkan produksi ayam layer dan telur bisa bernutrisi tinggi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut ini.

Pemberian karbohirat yang cukup
Untuk bisa mendapatkan panen telur berkualitas tinggi dari ayam layer, hal yang perlu diperhatikan adalah pemberian karbohidrat yang cukup. Karbohidrat sendiri merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ayam satu ini disaat periode starter. Pasalnya, ayam dalam tahap pertumbuhan harus memiliki energi dan daya tahan tubuh baik. Oleh karena itu, pemberian pakan dengan karbohidrat lebih harus dilakukan dalam periode starter ini.


Pemberian lemak

Pemberian nutrisi lemak pada ayam layer digunakan sebagai cadangan makanan. Bukan hanya itu saja, lemak juga berguna agar tubuh ayam lebih hangat. Pada perioder starter, pemberian lemak dilakukan agar tubuh ayam lebih hangat. Selain itu, nutrisi tersebut membuat tumbuh kembang ayam lebih optimal.

Memang pada periode starter, nutrisi ayam harus benar – benar diperhatikan agar tidak banyak ayam yang mati. Pasalnya, bisa menjadi kerugian sendiri dalam perternakan. Bukan hanya pemberian nutrisi pakan saja, namun kandang juga harus baik.

Nutrisi tahap pertumbuhan

Periode grower juga membutuhkan nutrisi yang berbeda. Pada fase yang satu ini, ayam layer harus banyak mendapatkan nutrisi protein dan energi. Protein sangat penting untuk membangun sel – sel dalam tubuh ayam. Selain itu, nutrisi tersebut dibutuhkan agar tumbuh kembang ayam lebih optimal. Namun bukan hanya badan saja, tapi mental ayam juga harus tumbuh.

Nutrisi ayam pada fase ini jika terpenuhi dengan baik akan menghindarkan ayam dari stress. Pasalnya, stress merupakan faktor utama ayam jadi tidak nafsu makan. Padahal, makanan adalah sumber utama kesehatan ayam. Jika ayam tidak memiliki nafsu makan dnegan baik, maka akan rentan penyakit dan lebih banyak mati. Hal ini juga akan sangat berdampak pada bisnis pertenakan ayam layer.

Tahap panen

Tahap layer merupakan tahapan terakhir sebelum ayam layer siap dipanen. Di mana tahap ini merupakan penentu apakah nutrisi yang diberikan pada periode sebelumnya terpenuhi atau tidak. Apabila nutrisi yang diberikan pada tahapan sebelumnya kurang akan berdampak pada hasil panen yang tidak maksimal. Kebanyakan telur yang dihasilkan akan berjumlah sedikit dan tidak berkualitas.

Maka sangat penting untuk memaksimalkan pemberian nutrisi ayam layer di dua tahap sebelumnya. Namun begitu, pada fase ini, Anda juga harus menjaga keseimbangan nutrisi yang diberikan untuk ayam tersebut. Ada banyak nutrisi yang harus masuk ke dalam tubuh ayam, mulai dari energi, protein, kalsium, lemak dan fosfor.


Semua nutrisi tersebut harus diberikan secara seimbang. Pasalnya akan sangat berdampak pada tingkat metabolisme ayam. Bukan hanya itu saja, hasil panen yang diinginkan dari ayam layer akan berkualitas, yakni telur berjumlah banyak dan bernutrisi tinggi.

Memperhatikan dalam pemberian nutrisi ayam layer sangat penting dan menjadi kunci sukses semua peternak. Nutrisi yang baik juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang ayam tersebut. Di saat ayam mendapatkan nutrisi dengan baik, maka hasil telur juga akan meningkat dan berkualitas. Bahkan ukuran telurnya pun akan besar. Sebaliknya, nutrisi yang kurang menyebabkan jumlah telut tidak banyak dan bisa mengalami kecacatan.
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memaksimalkan produksi telur ayam layer itu sendiri.

Komentar