4 Pengaturan Penting dalam Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer




Untuk bisa menghasilkan ayam layer atau ayam petelur yang produktif, pengelolaan peternakan ayam layer haruslah diatur dengan baik. Peternakan ayam layer yang diatur dengan baik tentunya akan menghasilkan kualitas ayam layer yang memiliki performa tinggi. ayam yang berperforma tinggi ini tentunya akan menghasilkan telur dalam jumlah banyak. Tidak hanya menghasilkan telur dalam jumlah banyak, ayam layer yang berasal dari peternakan dengan manajemen pemeliharaan ayam layer terbaik tentunya juga akan menghasilkan telur yang berkuliatas terbaik pula. Dalam mengatur peternakan ayam layer serta hewan ternak yang produktif, ada 4 hal yang perlu diperhatikan oleh peternak ayam layer. 

Keempat hal ini butuh perhatian karena semuanya saling berhubungan dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan ayam layer di peternakan. Dengan manajemen pemeliharaan ayam layer yang tepat, maka peternakan pun akan memiliki ayam layer yang produktif dengan kualitas telur yang tinggi. Berikut 4 hal yang perlu diperhatikan oleh setiap peternak ayam layer dalam mengatur peternakan ayam.


Manajemen bibit ayam layer

Pengaturan beternak ayam layer harus dipikirkan sejak ayam menjadi bibit atau DOC (Day-Old Chicken). Pemilihan bibit ayam layer haruslah berasal dari ayam layer yang berkualitas dan berperforma tinggi sehingga ayam nantinya akan produktif dan menghasilkan telur yang berkualitas. Dengan memilih bibit ayam layer terbaik tentunya peternakan ayam layer akan mempunyai umur panjang karena bibit ayam layer terbaik adalah bibit ayam layer yang sehat dan kuat. Bibit ayam layer yang sehat dan kuat ini nantinya tidak mudah jatuh sakit apalagi mati. Inilah salah satu hal yang menunjang manajemen pemeliharaan ayam layer yang baik.

    Manajemen kandang

Setelah mendapatkan bibit ayam layer terbaik, bibit ayam ini harus ditempatkan pada kandang yang sudah dirancang khusus untuk bibit ayam layer berkembang dan tumbuh. Ini karena bibit ayam layer butuh tempat yang memudahkan mereka beradaptasi. Hal yang perlu diatur dalam kandang bibit ayam layer ini adalah suhu, pencahayan, kelembapan kandang, serta kepadatan kandang. Bibit ayam layer yang masih rentan terhadap perubahan suhu serta keadaan lingkungan sekitar sangat butuh kandang yang benar-benar sesuai dengan keadaan mereka. Manajemen pemeliharaan ayam layer yang kurang menjaga dan merawat kandang bibit ayam layer akan mendapatkan ayam yang mudah sakit. Kandang bibit ayam layer ini pun dibedakan dengan kandang ayam layer dewasa sehingga tidak akan mudah terkontaminasi bakteri dan virus penyakit.

    Manajemen pakan

Pakan yang baik untuk ayam layer adalah pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan fase pertumbuhan ayam layer. Pakan bibit ayam layer biasanya fokus pada perkembangan dan pertumbuhan ayam, sedangkan untuk pakan ayam layer dewasa lebih fokus pada proses pembentukan telur agar ayam layer makin produktif. Pemberian pakan pun harus diberikan secara terjadwal dan tepat waktu agar ayam tidak stress karena terlambat makan. Selain itu, dalam manajemen pemeliharaan ayam layer kebersihan tempat pakan dan minum pun harus terjaga agar bakteri dan virus tidak mudah masuk ke tubuh ayam lewat pakan yang diberikan.

 
    Manajemen vaksin

Selain pakan yang sehat dan bernutrisi cukup dan seimbang, ayam layer pun bisa diberikan vaksin secara rutin untuk menjaga ayam tetap sehat. Ayam yang diberikan vaksin secara rutin juga akan kebal terhadap virus penyakit sehingga mempunyai umur yang lebih panjang karena tidak gampang mati karena penyakit menular.

Komentar