Kesalahan Kandang DOC Ayam Yang Sering Dilakukan



DOC ayam membutuhkan perhatian yang khusus. Pasalnya, ayam tahapan ini merupakan penentu tumbuh kembang dan kesuksesan peternakan Anda nantinya. Pemberian pakan dan nutrisi yang tepat wajib dilakukan. Bukan hanya itu saja, kandang juga tidak sama dengan tahapan lainnya. Berikut ini ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan peternak dalam pembuatan kandang DOC ayam.

Ventilasi kandang yang terlalu banyak

Kesalahan yang sering dilakukan oleh peternak adalah membuat kandang DOC ayam dengan banyak ventilasi udara. Memang ventilasi sangat dibutuhkan olah ayam agar tidak pengap di dalam kandang. Namun dalam fase starter, ventilasi tidak sangat dibutuhkan. Pasalnya, tahapan ini membutuhkan kandang yang hangat agar tubuh tidak kedinginan. Ventilasi udara yang terlalu banyak malahan akan membuat tubuh ayam kedinginan dan bisa masuk angin.

Baca juga : 4 Pengaturan Penting dalam Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer

Kandang yang membujur dari selatan ke utara

Kesalahan berikutnya yang juga sering dilakukan adalah posisi kandang tersebut. Di mana kandang DOC ayam membujur dari arah selatan ke utara. Padahal kandang yang ideal untuk ayam tahapan ini adalah dari barat ke timur. Hal tersebut dilakukan agar sinar matahari bisa masuk dengan baik ke dalam kandang. Sinar matahari merupakan sumber terbaik untuk kesehatan ayam pada tahapan ini.

Tidak adanya sekat di dalam kandang

Pemberian sekat atau pembatas sangat diperlukan dalam kandang DOC ayam. Pasalnya, hal ini dilakukan untuk membatasi ruang gerak dari ayam tahapan ini. Namun banyak juga peternak yang tidak memberikan sekat di dalamnya dan langsung bebas. Area yang terlalu luas akan membuat ayam tahapan ini bergerak dengan bebas. Padahal DOC ayam sendiri tidak boleh terlalu banyak bergerak.

Pembuatan kandang terlalu gelap

Kesalahan dalam pembuatan kandang DOC ayam yang berikutnya adalah kandang yan terlalu gelap. Sama halnya, seperti manusia, kandang yang terlalu gelap membuat ayam tidak bisa melihat sekitar. Terlebih lagi jika ada serangan hewan liar pada malam hari, sebut saja tikus dan kucing.

Memang banyak peternak yang mengeluh, jika kucing dan tikus sering melakukan serangan pada malam hari. Maka dari itu, pencahayaan yang cukup diperlukan dalam kandang DOC ayam ini.

Pembuatan kandang lupa penghangat

Kesalahan berikutnya yang sering sekali dilakukan dalam pembuatan kandang DOC ayam adalah tidak adanya penghangat yang cukup. Pasalnya, kebanyakan peternak berpikiran kehangatan ayam tahapan ini sudah cukup didapatkan dari lampu saja.

Padahal lampu tidak cukup hangat untuk DOC ayam. Oleh sebab itu, memaksimalkan kehangatan di dalam kandang ayam diperlukan penghangat yang cukup. Terlebih lagi pada malam hari. Hal tersebut dilakukan agar tubuh tidak kedinginan, tetap hangat dan tidak masuk angin.

Baca juga : Memaksimalkan Produksi Ayam Layer dan Telur Bernutrisi Tinggi

Itulah beberapa kesalahan umum dan sering dilakukan saat pembuatan kandang DOC ayam. Padahal kandang tersebut sangat penting untuk ayam itu sendiri. Kandang ideal tanpa ada kesalahan sangat diperlukan. Ada beberapa kriteria kandang ideal, seperti suhu terjaga dengan baik, ventilasi cukup dan masih banyak lagi lainnya.

Mengapa demikian? Sama seperti manusia, DOC ayam juga membutuhkan kenyamanan. Kenyamanan akan berpengaruh pada tumbuh kembang ayam tersebut. Bukan hanya itu saja, kandang ideal akan meningkatkan nafsu makan ayam. Nafsu makan yang baik dari DOC ayam akan membuat ayam tetap mendapatkan nutrisi dan energi yang baik. Sehingga pada tahapan selanjutnya akan lebih mudah perawatannya. Perlu diingat bahwa kesuksesan ternak ayam bergantung pada DOC ayam. 

Komentar