Web Design Responsive akan Memudahkan Pengunjung Mobile

Perkembangannya zaman modern dengan teknologi digital yang canggih, manusia memaksa memakai peralatan canggih untuk memudahkan berkomunikasi tanpa batasan waktu. Salah satunya handphone/tablet/perangkat mobile perangkat dalam genggaman. Apa saja yang dilakukan orang saat mengakses handphone mereka? Bermain game, buka sosial media, chating, telp, sms, browsing, dan lain sebagainya.

Disini kita akan membahas tentang website responsive yang berhubungan dengan perangkat mobile. Apa itu responsive? Sebuah website yang memiliki halaman sedang diakses oleh sesorang dengan tampilan sesuai resolusi layar perangkat mobile mereka gunakan dan akan tetap rapi dan nyaman untuk user interfacenya. Blog ini sudah termasuk menggunakan design web responsive dari tamplate yang di sediakan oleh google. Gambaran nya seperti dibawah ini :

Image by bradfrost.com
Website yang belum menggunakan design responsive akan terlihat berantakan jika diakses dengan resolusi layar mobile. Pengembangan desing web responsive dikarenakan adanya banyaknya pengguna smartphone / perangkat mobile dijaman saat ini. Dengan adanya design responsive, website akan mudah diakses oleh pengguna mobile tanpa hilangnya fungsi website yang sudah dirancang dari awal. Didalam pemrograman web hampir sama seperti html, css, php, dan JavaScript tapi terdapat pengembangan manipulasi kode. Jika anda memiliki website atau situs seringlah memperbarui sesuai perkembangan jaman bisa jadi situs anda akan kehilangan pengunjung karena konten rusak.

Google mengeluarkan algoritma terbaru tentang web harus responsive pada tahun 2015 yaitu Mobilegeddon. Google menyarankan kepada pengguna website untuk merubah menjadi responsive. Untuk pengguna desktop masih tetap dan tidak ada perubahan. Pada tahun  2015-2016 saat anda mencari sesuatu di pencarian google akan menemukan tulisan Mobile-Friendly pada tampilan google itu menandakan website sudah responsive. Semenjak rilisnya algoritma Mobilegeddon hampir semua website penjuru dunia merubah tampilan menjadi responsive. Untuk melihat website anda responsive atau tidak bisa cek test mobile-friendly.

Data yang masuk dari pengguna internet di indonesia tahun 2016 hampir 133 juta orang dari total penduduk indonesia kurang lebih 256 juta. Dibawah ini data sesuai perangkat yang digunakan oleh pengguna internet di indonesia sebagai berikut :
  • 67,2 juta orang atau 50,7 persen mengakses melalui perangkat genggam dan komputer.
  • 63,1 juta orang atau 47,6 persen mengakses dari smartphone.
  • 2,2 juta orang atau 1,7 persen mengakses hanya dari komputer.
source : Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII)

Cukup banyak bukan saat ini pengguna perangkat mobile mengakses internet dan ini akan bertambah setiap tahunnya kecuali internet mati. Saat website anda sudah responsif maka pengunjung tak akan berkurang akan tetapi samakin bertambah tergantung website anda seringnya update konten.

 Baca juga : Hitungan tarif jasa web design



Komentar