Peluang Bisnis Dari Usaha Pabrik Roti Rumahan



Untuk anda yang sedang mencari sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dengan membangun sebuah usaha dengan skala rumahan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membangun sebuah pabrik roti dengan skala rumahan. 

Usaha kecil satu ini termasuk pada kategori home industri yang tidak membutuhkan modal terlalu besar. Selain itu juga dapat dijalankan pada lokasi atau tempat yang tidak terlalu luas. Seperti misalnya dengan memanfaatkan dapur, ataupun garasi rumah saja usaha satu ini sudah bisa dijalankan dengan lancar, mengingat peralatan yang digunakan pun tidak terlalu banyak dan besar.
Jika berbicara mengenai pangsa pasar, usaha roti rumahan memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Misalnya saja di berbagai warung-warung pinggir jalan, sudah pasti akan dapat ditemui berbagai macam roti dengan berbagai macam rasa seperti coklat, strawberry, moca dan lain sebagainya. 


Untuk cakupan pemasaran sendiri dapat disesuaikan dengan skala produksi setiap harinya. Walaupun hanya skala rumahan, namun tidak menutup kemungkinan jika skala produksinya sudah cukup besar maka cakupan pemasaran bisa lebih besar juga. Jika masih memiliki skala produksi kecil, maka cakupan pemasarannya di sekitar tempat produksi saja.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Usaha Pabrik Roti Rumahan

Jika anda tertarik dengan usaha pabrik roti skala rumahan ini, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal yang harus diperhatikan tersebut diantaranya adalah keahlian dalam membuat roti dan juga berbagai peralatan pendukung untuk membuat roti. 


Jika berbicara mengenai keahlian dalam membuat roti, pertama anda bisa mulai belajar membuat roti terlebih dahulu dengan mengikuti berbagai kursus tata boga. Jika pun anda tidak memiliki waktu untuk belajar membuat roti, maka anda bisa juga merekrut sumber daya manusia yang telah berpengalaman di bidang pembuatan roti tersebut. 

Untuk selanjutnya, anda harus menyiapkan berbagai peralatan pendukung untuk membuat roti seperti mixer yang berfungsi untuk membuat adonan, mesin proofer untuk mempercepat proses pengembangan adonan, dough divider untuk membagi adonan, serta oven untuk memanggang roti.
Harga setiap peralatan tersebut sangatlah bervariasi. Semuanya tergantung dari jenis dan juga merek. Sebagai gambaran saja, jika ingin memiliki peralatan pabrik roti yang lengkap, maka anda harus menyiapkan dana sedikitnya 30-50 juta.

Tips Dalam Menjalankan Usaha Pabrik Roti Rumahan

Sebagai tips awal dalam menjalankan usaha roti rumahan, maka sebaiknya jalankan usaha ini dengan modal yang bertahap, sehingga modal awal yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar. Kecuali jika anda sudah melakukan analisis dengan membandingkan berbagai faktor binis pembuatan roti rumahan tersebut. 

Cobalah untuk membuat usaha roti dengan skala mikro sembari melakukan analisis lebih lanjut mengenai berbagai macam faktor yang dianggap sebagai hambatan dalam pengembangan usaha kedepannya. Untuk melakukan analisis tersebut, anda bisa menjadikan warung-warung di sekitar rumah untuk bahan kajian dengan cara menitipkan beberapa roti yang telah diproduksi untuk dijual di warung tersebut. Jika ternyata mendapatkan respon yang baik, maka untuk selanjutnya anda bisa mulai mengembangkan skala produksi dan juga cakupan pemasaran. 


Pelajari juga berbagai macam faktor lainnya seperti harga jual, persaingan pasar, serta target konsumen. Pelajarilah semua faktor-faktor dalam mengembangkan usaha roti tersebut secara bertahap sehingga anda bisa terhindar dari kerugian besar dan juga resiko terjadinya kebangkrutan.
Usaha pabrik roti skala rumahan memang menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan, namun semua itu tetaplah harus disokong dengan sumber daya yang kompeten dan juga peralatan yang cukup mumpuni. Jangan lupa juga untuk selalu mengembangkan kreatifitas sehingga menghasilkan roti yang digemari masyarakat. 

- Sari Roti

Komentar